Thursday, July 11, 2013

5 Buku Referensi Nasional yang Terandal

7:34 PM

Kali ini Perajin Buku akan menyajikan lima buku referensi karya lokal yang terandal, tentunya versi Perajin Buku. Kita ketahui bahwa buku referensi itu dapat terdiri atas kamus, ensiklopedia, buku pintar, atau juga bisa direktori. Ternyata banyak juga karya anak bangsa yang terwujud dalam karya referensi ini. Ada yang dikerjakan sendiri dan ada pula yang dikerjakan dengan tim.

Perajin Buku mencatatkan lima buku referensi berikut ini yang layak menjadi koleksi Anda.


1. Ensiklopedi Nasional Indonesia (ENI) adalah referensi klasik yang memuat berbagai konten Indonesia dan dunia yang diterbitkan kali pertama Penerbit Ichtiar Baru Van Hoeve. ENI kali pertama diterbitkan 1980 dan pada edisi tahun 2004 tercatat ada 27.698 artikel dan 5.207.200 kata dengan 400 kontributor. ENI terdiri atas 18 jilid buku dan satu jilid merupakan indeks. Edisi 2004 itu merupakan edisi terakhir yang diterbitkan oleh PT Delta Pamungkas.

2. Buku Pintar kali pertama diperkenalkan Iwan Gayo dan terbit dalam dua edisi, yaitu edisi junior dan edisi senior. Dengan ketekunannya, mantan wartawan dan editor ini berhasil mengumpulkan sejumlah informasi penting tentang Indonesia dan dunia. Buku ini menjadi masterpiece Iwan Gayo pada zamannya dan tetap digunakan hingga kini. Selain buku pintar seri umum, Iwan Gayo juga membuat Buku Pintar Haji dan Encyclopedia Islam International.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah karya referensi dari tim Pusat Bahasa (sekarang Badan Bahasa) yang kali pertama diterbitkan 1988 oleh Balai Pustaka. KBBI merupakan kamus ekabahasa terlengkap saat ini. Edisi terakhir kamus ini diterbitkan pada 2008 yaitu edisi keempat dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama. KBBI juga diterbitkan dalam bentuk daring (online) yang dapat diakses langsung oleh pengguna. Pesaing KBBI sebelumnya adalah Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) yang disusun J.S. Badudu dan Sutan Mohammad Zain diterbitkan Pustaka Sinar Harapan dan terkenal sebagai KUBI Badudu-Zain dengan entri pada masa itu melebihi KBBI.



4.Tesaurus Bahasa Indonesia adalah karya tesaurus (kamus sinonim) pertama bahasa Indonesia yang disusun seorang pencinta bahasa Indonesia bernama Eko Endarmoko dan diterbitkan Gramedia. Belakangan Pusat Bahasa juga menerbitkan karya yang sama berjudul Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia. Sempat terjadi protes dari Eko Endarmoko bahwa terbitan Pusat Bahasa itu terindikasi plagiat dari karyanya. Karya Eko memang terdapat di dalam daftar pustaka yang digunakan karya tim Pusat Bahasa tersebut. Tesaurus Eko ini sangat bermanfaat bagi para penulis, jurnalis, atau praktisi humas untuk mencari padanan kata yang tepat dalam tulisan.


5. Buku Pintar Kompas ini adalah karya terbaru dari Tim Kompas yang terbit sejak 2012 berjudul Buku Pintar Kompas 2011 dan edisi terbaru terbit pada 2013 berjudul Buku Pintar Kompas 2012. Di dalam buku ini Tim Kompas menghimpun dan merangkum informasi di Indonesia dan dunia yang dibagi setiap bulan. Buku ini juga menyajikan infografik serta data-data sebagai lampiran. Inilah referensi meja terlengkap yang menyajikan informasi terkini.



Itulah 5 buku referensi terandal versi Perajin Buku yang dapat Anda jadikan koleksi referensi untuk aktivitas Anda. Selamat berburu referensi andal. [BT]

Ditulis oleh

Kami adalah pengelola Perajin Buku; situs berbagi info seputar dunia penerbitan buku.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 PerajinBuku. All rights resevered. Designed by PerajinBuku

Back To Top